Taman Nasional Baluran merupakan kawasan konservasi yang memiliki keindahan dan ke eksotistem panorama alam. Terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo Propinsi  Jawa Timur dengan luasan  total sekitar 25.000 Ha, yang mana 40% dari total luasannya atau sekitar 10.000 Ha merupakan ekosistem savana yang alami dan terluas di Pulau Jawa.

Banyak orang menyebut Baluran sebagai miniatur  hutan Indonesia karena hampir semua tipe hutan terdapat di Taman Nasional Baluran. Tipe hutan yang ada meliputi Hutan Pantai, Hutan Mangrove dan Rawa Asin, Hutan Payau, Padang rumput Savana, hutan Hujan Pegunungan, Hutan Musim, Padang Lamun dan Gugusan Terumbu Karang.

Selain itu tercatat ada lebih dari 444 spesies flora yang tergolong ke dalam 87 familia meliputi 24 jenis tumbuhan eksotik, 265 jenis tumbuhan penghasil obat dan 37 jenis merupakan tumbuhan yang hidup pada ekosistem mangrove.Jenis-jenis yang penting antara lain : Pilang (Acacia leucophloea Wild), Mimbo (Azadiracta indica A.Juss), Gerbang (Corypha utan Lamk), Asam (Tamara indica Linn), Kepuh (Sterculia foetida Wall), Widoro bukol (Zyziphus jujuba Lamk), Kesambi (Schleichera oleosa), Ketapang (Terminalia catappa Linn), Manting (Syzyqium polyanthum).

Keanekaragaman fauna yang ada dapat dikelompokkan kedalam ordo mamalia (28 jenis), aves (189 jenis), pisces dan reptilia . Dari jenis-jenis yang diketahui tersebut 47 jenis merupakan satwa yang dilindungi undang-undang yaitu insektivora 5 jenis, karnivora 5 jenis, herbivora 4 jenis, burung 32 jenis dan reptilia 1 jenis. Mamalia besar yang khas di TN Baluran adalah banteng (Bos javanicus), kerbau liar (Bubalus bubalis), rusa (Cervus timorensis), kijang (Mutiacus muntjak), babi hutan (Sus scrova), macan tutul (Panthera pardus), kucing batu (Felis bengalensis), kucing bakau (Felis viverrina), dan ajag (Cuon alpinus).Sedangkan untuk jenis primata adalah kera ekor panjang (Macaca fascicularis) dan lutung / budeng (Trachypithecus auratus cristatus). Dari ±189 jenis burung di TN Baluranjenis-jenis yang mudah untuk dijumpai antara lain adalah merak hijau (Pavo muticus), ayam hutan merah (Gallus gallus),  ayam hutan hijau (Gallus varius), kangkareng (Anthracoceros convexus) dan rangkong (Bucheros rhinoceros).

Obyek Wisata di Taman Nasional Baluran

Goa Jepang
Goa seluas ± 12  ini terletak di pintu masuk kawasan Taman Nasional Baluran,merupakan peninggalan sejarah pada jaman penjajahan Jepang yang digunakan sebagai benteng pertahanan, dantempat penyimpanan amunisi.

SavanaBekol
Savana Bekol sebagai salah satu obyek wisata alam andalan Baluran memiliki luas ± 300 Ha dari total 10.000 Ha luas savanna di Baluran yang merupakan hamparan savanna satu-satunya danterluas  di Pulau jawa, dengan latar belakang Gunung Baluran menjadikan pengunjung serasa berada di Afrika. Merupakan habitat tempat berbagai jenis satwa melakukan aktivitasnya.

Pantai Bama
Pantai dengan hamparan pasir putih ini terletak ± 3 km dari SavanaBekol, dan dikelilingi oleh hutan mangrove sebagai habitat berbagai jenis burung dan satwa primata. Di tempat inip engunjung dapat menikmati indahnya sunrise dan atraksi keraabu-abu yang sedang memancing menggunakan ekornya di pantai pada pagi hari.Selain panorama darat, Pantai Bama menyimpan keindahan panorama bawah air yang menawan.Aneka terumbu karang dan ikan hias dapat ditemui disini.Pantai Bama ramai dikunjungi pada saat musim liburan sekolah.

Pantai Bilik Sijile
Memiliki panorama yang indah, terletak di sebelah utara wilayah perairan TN Baluran. Selain tenang dan bersih dari polusi, pantai ini akan tampak khas pada saat air laut surut, karena akan tampak daratan berpasir putih yang berbentuk menyerupai lidah, sehingga dinamakan Sejile (bahasa Madura) yang berarti lidah.

Apa yang bisa anda Nikmati di Taman Nasional Baluran?

Fotografi
Eksotisme alamnya, luasnya padang savana dan kehidupan liar serta perilaku bermacam jenis satwa,  merupakan moment-moment yang indah untuk diabadikan melalui media fotografi.

Pengamatan Satwa
Waktu yang baik untuk melakukan aktivitas pengamatan satwa adalah di pagi dan sore hari, dimana satwa banyak berkumpul di savanna.Kegiatan ini juga dapat dilakukan sepanjang jalan mulai daripintu masuk kawasan menuju keBekol dan Bama denganberjalan kaki maupun berkendaraan.

Snorkling Diving  Canoing
Keindahan alam Taman Nasional Baluran tidak hanya di wilayah daratan saja, potensi wilayah perairan yang dimiliki juga menjadi daya tarik tersendiri. Beragam jenis coral danberbagai jenis ikan dapat dinikmati sambil bersnorkling maupun diving. Juga tersedia fasilitas untuk berkano.

Tertarik untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran? Africa Van Java…. Klik Disini